5 Cara Mudah Membersihkan Sepatu Sneakers Putih

Belakangan sepatu sneakers putih semakin hits untuk menemani kaum Adam beraktivitas. Pencinta gaya sporty hingga eksekutif muda bisa memanfaatkan fashion item yang satu ini untuk memberi aksen pada keseluruhan penampilan. Sayangnya, sepatu sneakers putih ini mudah kotor jika dipakai berulang kali sehingga butuh perhatian khusus untuk merawatnya. Berikut 5 cara mudah membersihkan sepatu sneakers putih yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

1. Kenali bahan sepatu

Umumnya bahan utama sneakers adalah kanvas, suede, dan kulit. Ketiganya membutuhkan penanganan masing-masing untuk mempertahankan warnanya, tidak terkecuali sepatu sneakers putih. Untuk sepatu kanvas, gunakan baking soda dengan campuran air dan hidrogen peroksida yang sudah bertekstur seperti pasta untuk digosokkan ke permukaannya. Diamkan selama empat jam hingga mengeras kemudian seka butirannya menggunakan handuk.

Sepatu suede lebih sulit dibersihkan dibanding bahan lainnya karena noda bisa menyebar. Gunakan cuka yang dituangkan ke handuk untuk mengangkat noda—jangan digosok! Sementara sepatu sneakers berbahan kulit bisa dibersihkan memakai pasta gigi berwarna putih yang digosokkan perlahan, kemudian gunakan air hangat untuk membasuh permukaannya. Angin-anginkan sepatu hingga kering sepenuhnya sebelum disimpan kembali ke dalam rak sepatu.

2. Gosok sol sepatu

Bukan hanya permukaan sepatu sneakers yang harus bersih, sol bagian bawah sepatu pun harus diperhatikan. Menggosoknya menggunakan sikat gigi dan sabun bisa digunakan, kemudian bilas di bawah air mengalir. Keringkan dengan cara mengangin-anginkannya sekitar 10-20 menit.

3. Rendam tali sepatu

Jangan lupa melepaskan tali sepatu untuk pembersihan sneakers secara menyeluruh. Rendam tali di dalam baskom berisi air hangat dan deterjen. Cuci bagian yang kotor menggunakan tangan saja—tidak perlu memakai sikat—dan celupkan beberapa kali hingga kotoran menghilang. Selanjutnya jemur hingga kering sebelum dipasang kembali ke lubang sepatu.

4. Mau berinvestasi

Anda pun harus ‘royal’ untuk membeli pelindung sepatu (shoe protectant) maupun semir sepatu (shoe polish) agar sepatu sneakers putih lebih awet. Dalam kondisi sepatu bersih simpan ke dalam kantong kain atau plastik bening dengan silica gel khusus sepatu untuk menghindarkannya dari jamur, bakteri, dan mikroorganisme perusak lainnya. Ketika dibutuhkan, sepatu Anda pun akan selalu dalam performa maksimal.

Sama seperti kondom premium Supreme Performax yang siap mendukung performa maksimal Anda di ranjang. Produk ini memiliki Climax Delay Control yang dapat memperpanjang durasi bercinta untuk mencapai orgasme dengan sensasi maksimal. Dengan bahan Super Fine Quality Latex, Supreme Performax merupakan kondom kualitas terbaik yang lebih halus, lebih kuat, lebih tipis, dan dipersiapkan secara khusus sebagai penambah kenikmatan. Investasi penting saat bercinta!

5. Jadikan kegiatan rutin

Tidak seperti jeans yang terlihat semakin keren jika berwarna pudar, sepatu sneakers putih harus tetap bersih untuk melengkapi penampilan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh malas membersihkan sepatu kesayangan. Idealnya, sih, sepatu putih dibersihkan dua minggu sekali apabila sering dipakai. Semakin jarang dibersihkan maka permukaan sepatu akan dipenuhi debu, noda, dan kotoran yag terus menumpuk. Ingat: jika dibiarkan pasti Anda akan kesulitan sendiri membersihkannya.

Nah, jangan tunggu besok. Rawat sneaker putih favorit Anda sekarang!

SHARE THIS

Share on facebook
Share on google
Share on twitter